Skip to main content

Waspada Kanker Serta Teknik Deteksi Dini Mandiri


APTIK

Tentang Kursus Ini

Kanker merupakan ancaman paling nyata di Negara maju maupun berkembang. Sebagai penyakit dengan tumbuhnya sel ganas yang sangat aktif dan tidak terkontrol pada bagian tubuh; kanker menjadi penyakit yang ditakuti oleh siapapun. Data Globocan menyebutkan di tahun 2018 terdapat 18,1 juta kasus baru dengan angka kematian sebesar 9,6 juta kematian, dimana 1 dari 5 laki-laki dan 1 dari 6 perempuan di dunia mengalami kejadian kanker. Data tersebut juga menyatakan 1 dari 8 laki-laki dan 1 dari 11 perempuan, meninggal karena kanker.

Kanker dapat terjadi pada siapa saja dan semua bagian tubuh (kecuali rambut dan kuku) karena setiap manusia membawa kemampuan genetik yang disebut onkogen, yang apabila dipicu, akan mengakibatkan kanker muncul. Selain itu, faktor pekerjaan (okupasi), lingkungan, biologi serta sosial dapat menjadi faktor pemicu yang perlu dikontrol.

Hal penting yang harus dilakukan adalah mencegah timbulnya kanker. Cara yang dapat dilakukan adalah menjalankan pola hidup sehat termasuk pola makan yang sehat; serta melakukan deteksi dini sebagai antisipasi awal yang sering disebut dalam program WASPADA kanker. Kursus ini akan membahas mengenai WASPADA kanker serta teknik deteksi dini mandiri yang dapat dilakukan masyarakat dengan mudah.

Hari Kanker Sedunia diperingati setiap tanggal 4 Februari dengan tema tahun 2019 adalah “saya adalah dan saya akan” (I am and I will) untuk mengajak semua pihak terkait menjalankan perannya masing-masing dalam mengurangi beban akibat kanker. YKI (Yayasan Kanker Indonesia) mengajak masyarakat mencapai visi Masyarakat Peduli Kanker dengan misi meningkatkan kepedulian masyarakat dalam penanggulangan kanker untuk sadar dan waspada kanker sehingga dapat meminimalkan risiko terjadinya kanker.

Jadwal Kursus

Materi 1

WASPADA Kanker.

Materi 2

SADARI (Periksa Payudara Sendiri).

Materi 3

Skin Self Examination (Periksa Kulit Sendiri).

Materi 4

Testicular Self Examination (Periksa Testis Sendiri).

Instruktur

Course Staff Image #1

Dr. Fitriana Suprapti, MA Nursing

Pendidikan: Bachelor of Science in Nursing tahun 2001, St. Paul University, Tuguegarao, Philippines; Master of Arts Nursing (Adult Health Nursing) tahun 2004 peminatan utama onkologi (kanker), University of the Philippines, Manila. S3 Keperawatan di Universitas Indonesia, Jakarta tahun 2018.

Frequently Asked Questions

What web browser should I use?

The Open edX platform works best with current versions of Chrome, Edge, Firefox, Internet Explorer, or Safari.

See our list of supported browsers for the most up-to-date information.

Question #2

Your answer would be displayed here.

Enroll