Skip to main content

Religiositas


APTIK

Tentang Kursus Ini

Kursus agama ini lebih menekankan sisi religiositas. Sisi religiositas lebih menitikberatkan pada aspek kedalaman dan bukan pengetahuan kognitif tentang iman. Agama adalah sebuah pilihan dan tidak semata-mata dipahami sebagai sebuah warisan dari orang tua. Jika agama akhirnya dihayati sebagai sebuah pilihan personal, maka agama akan lebih mengakar dan memiliki kekuatan bagi para penganutnya. Kedangkalan terjadi manakal agama tidak dihayati sebagai sebuah pilihan personal perilaku.

Pendekatan yang digunakan di dalam mata kuliah ini adalah model pendekatan induktif. Yang menjadi titik tolah adalah pengalaman peserta. Model pembelajaran yang digunakan di dalam kursus ini adalah refleksi. Salah satu keunggulan dari refleksi adalah para peserta dapat mengolah pengalaman yang menjadi milik mereka sendiri dan akhirnya pengalaman religius adalah pengalaman personal yang dialami sendiri oleh setiap umat beriman. Refleksi juga membantu para peserta untuk mengkaitkan pengalaman personal yang dimilikinya dengan ajaran Gereja. Dengan kata lain, ajaran Gereja akan digunakan untuk menerangi pengalaman para peserta.

Ada tiga tema yang akan direfleksikan di dalam kursus ini. Tema-tema tersebut adalah Religiositas, Kebahagiaan dan Penderitaan. Materi pertama adalah tema Religiositas. Materi ini akan dibahas dalam dua sesi pertemuan. Di dalam tema religiositas ini, para peserta akan diajak untuk mendalami apa itu Mindfullness, Keheningan dan Refleksi. Materi yang kedua akan berbicara tentang Kebahagiaan. Tema kedua ini akan dibahas dalam dua sesi pertemuan. Secara khusus, konsep kebahagian akan dijabarkan dalam perspektif need dan value. Materi ketiga secara khusus akan berbicara tentang penderitaan. Materi ketiga akan dibahas dalam satu sesi pertemuan.

Semoga para peserta menikmati kursus on line ini!

Jadwal Kursus

Materi 1

Religiositas 1.

Materi 2

Religiositas 2.

Materi 3

Kebahagiaan 1.

Materi 4

Kebahagiaan 2.

Materi 5

Penderitaan.

Instruktur

Course Staff Image #1

Martinus Ariya Seta

Menyelesaikan Program Studi S1 di Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Program Studi S2 ditempuh di Philosophisch-Theologische Hochschule Benedikt XVI. Heiligenkreuz Austria. Sejak tahun 2014, bekerja sebagai dosen di Program Studi Pendidikan Keagamaan Katolik Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Frequently Asked Questions

What web browser should I use?

The Open edX platform works best with current versions of Chrome, Edge, Firefox, Internet Explorer, or Safari.

See our list of supported browsers for the most up-to-date information.

Question #2

Your answer would be displayed here.

Enroll