Skip to main content

Kearifan Lokal Pancasila


APTIK

Tentang Kursus Ini

Kearifan lokal merupakan bagian dari budaya suatu masyarakat yang tidak dapat dipisahkan dari bahasa masyarakat itu sendiri. Kearifan lokal (local wisdom) biasanya diwariskan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi melalui cerita dari mulut ke mulut. Kearifan lokal ada di dalam cerita rakyat, peribahasa, lagu, dan permainan rakyat. Kearifan lokal sebagai suatu pengetahuan yang ditemukan oleh masyarakat lokal tertentu melalui kumpulan pengalaman dalam mencoba dan diintegrasikan dengan pemahaman terhadap budaya dan keadaan alam suatu tempat.

Demikian juga Pancasila yang menjadi dasar Negara Republik Indonesia, digali dan berakar pada kerafifan lokal masyarakat Indonesia.Pancasila menjadi dasar Negara Republik Indonesia sebenarnya melalui proses yang sangat panjang. Tidak hanya dibahas pada saat sidang BPUPKI pada tanggal 29 Mei sampai 1 Juni 1945, tetapi jauh kebelakang ketika Sukarno dibuang ke Ende oleh Belanda.Oleh sebab itu, untuk membahas jati diri Pancasila harus dimulai dari kehidupan Sukarno di Ende, Flores.

Jadwal Kursus

Materi 1

Kearifan Lokal Pancasila.

Instruktur

Course Staff Image #1

Y.R. Subakti

Y.R. Subakti adalah dosen Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Sanata Dharma. Selain itu juga mengajar mata kuliah Pendidikan Kepribadian (MPK), yaitu mata kuliah Pendidikan Pancasila.

Frequently Asked Questions

What web browser should I use?

The Open edX platform works best with current versions of Chrome, Edge, Firefox, Internet Explorer, or Safari.

See our list of supported browsers for the most up-to-date information.

Question #2

Your answer would be displayed here.

Enroll