Skip to main content

Pendidikan Pancasila


APTIK

Tentang Kursus Ini

Pancasila merupakan dasar negara/ filosofi/ falsafah bangsa Indonesia. Pancasila mengandung nilai-nilai moral yang diharapkan menjadi pedoman perilaku kehidupan berbangsa dan bernegara, acuan dalam pranata sosial masyarakat.

Pada perkembangannya di era milenial, perilaku manusia dalam kehidupan sosial seolah mulai menyimpang dari nilai-nilai Pancasila, diantaranya memperlakukan manusia tidak pada hakikatnya sebagai manusia. Penghormatan terhadap harkat dan martabat manusia seolah diabaikan dalam pergaulan hidup masyarakat.

Kursus ini akan membahas berbagai hal tentang pentingnya Pendidikan Pancasila. Kursus ini terdiri dari 9 pokok bahasan, yang akan memberikan pemahaman secara lebih mendalam tentang Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pedoman hidup Bangsa.

Selamat mengikuti Kursus ini, selamat belajar, dan semoga bermanfaat.

Jadwal Kursus

Materi 1

Visi, Misi dan Landasan Pendidikan Pancasila

Materi 2

Pancasila dalam Konteks Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia

Materi 3

Pancasila dalam Konteks Hukum dan Ketatanegaraan

Materi 4

Pancasila Berhadapan dengan Ideologi-Ideologi Lain

Materi 5

Pancasila sebagai Sistem Filsafat

Materi 6

Pancasila sebagai Sistem Etika

Materi 7

Pancasila sebagai Etika Politik

Materi 8

Pancasila sebagai Dasar Pengembangan Ilmu Pengetahuan

Materi 9

Analis Kasus dan Tantangan Ke Depan

Instruktur

Course Staff Image #1

Willfridus Demetrius Siga, S.S., M.Pd

Menyelesaikan pendidikan S1 Ilmu Filsafat di Universitas Katolik Parahyangan, Bandung dan S2 Manajemen Pendidikan di Universitas Negeri Jakarta. Bekerja sebagai dosen di Universitas Katolik Parahyangan. Selain mengajar Logika dan Pendidikan Pancasila,juga aktif sebagai dosen pendamping lapangan program pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat dan staf riset Pusat Studi Pancasila Universitas Katolik Parahyangan.

Course Staff Image #2

Antonius Yuniarto SS., MM

Menyelesaikan Studi S-1 di STFT Widya Sasana Malang dan S-2 di Unika Widya Mandala Surabaya. Dosen Mata Kuliah Umum Unika Widya Mandala Surabaya. Aktif dalam Pengabdian Masyarakat sebagai pendamping Keluarga Muda Katolik di Blitar, bekerjasama dengan kelompok-kelompok dialog interreligius, bergabung dengan kelompok interfaith, bergabung dalam Komisi Pendidikan Keuskupan Surabaya dan masih aktif dalam pendampingan service learning mahasiswa UKWMS.

Course Staff Image #2

Drs. Bernadus Wibowo S, M.Hum

Dosen tetap Fakultas Ekonomi Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Lulus S2 Program Studi ilmu Filsafat UGM tahun 1998 dan Program studi Kebijakan S-3 Sekolah Pascasarjana UGM pada tahun 2015 dengan disertasi “ Etika Ekofeminis Vandana Shiva dan Karen J. Warren Sebagai Landasan Untuk Merekonstruksi Etika Lingkungan Di Indonesia (Studi Kasus Pengelolaan Hutan Wonosadi Di Kabupaten Gunung Kidul). Menjabat Koordinator Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Universitas Atma Jaya Yogyakarta (MPK-UAJY) pada tahun 2018 sampai sekarang.

Course Staff Image #2

Hendra Kurniawan, M.Pd.

Berkarya sebagai staf pengajar di Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Pendidikan sarjana (S-1) ditempuhnya di Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta (2008). Saat ini tengah mengemban tugas struktural sebagai Wakil Ketua Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Course Staff Image #2

Drs. Y.B. Adimassana, M.A.

Menyelesaikan Studi S-1 di IKIP Sanata Dharma dan Studi S-2 di Ohio State University USA. Dosen Tetap Universitas Sanata Dharma. Bidang Keahlian: Ilmu Pendidikan, PKn, IPS, Model-Model Pembelajaran Inovatif, Filsafat-Teologi/Religiusitas. Motto: “Tak ada sesuatu yang tiba-tiba besar. Semua dimulai dari kecil”

Course Staff Image #2

Bernardinus Harnadi, Ph.D

Mengabdi pada program studi Sistem Informasi dan Game Technology Universitas Katolik Soegijapranata. Pendidikan Sarjana dan Magister Teknik Elektro di tempuh di Universitas Diponegoro (lulus tahun 2000) dan Universitas Gadjahmada (tahun 2000). Studi Doktoral bidang Teknologi Informasi diselesaikan tahun 2016 di Assumption University of Thailand.Peduli terhadap pengajaran seni hidup bersama kepada generasi muda dan bergabung dalam tim pengajar matakuliah umum bidang Kewarganegaraan tahun 2010 hingga sekarang. Saat ini tengah mengemban tugas sebagai ketua program studi Sistem Informasi Universitas Katolik Soegijapranata.

Course Staff Image #2

Wiknyo, S.H, M.H

Menyelesaikan Studi S-2 Hukum Jurusan Hukum Bisnis, pada tahun 2017. Pernah mengikuti Pendidikan Advokat (PERADI) tahun 2005.

Course Staff Image #2

Mody Gregorian Baureh S.H, M.Hum

Menyelesaikan Studi S-1 Hukum di Universitas Sam Ratulangi Manado dan Studi S-2 di Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Jabatan saat ini Dosen Fakultas Hukum Universitas Katolik De La Salle Manado.

Course Staff Image #2

Drs. Rodriques Servatius, M.Si

Menyelesaikan Studi S-1 Hubungan Internasional di Universitas Gajah Mada Yogyakarta dan Studi S-2 Ilmu Politik di Universitas Gajah Mada Yogyakarta. Jabatan saat ini Dosen Fisip Ilmu Pemerintahan UNWIRA Kupang.

Course Staff Image #2

Via Nurita Dolok Saribu, A.Md., SH, MH

Menyelesaikan Studi S-1 Hukum di Universitas Tanjungpura Pontianak dan Studi S-2 Ilmu Hukum di Universitas Tanjungpura Pontianak. Jabatan saat ini Dosen di Perguruan Tinggi Widya Dharma Pontianak dan Universitas Tanjungpura Pontianak.

Course Staff Image #2

Dr. Antonius Maria Laot Kain, SS.,M.Hum

Telah menyelesaikan Studi S1 Teologi di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Studi S2 Hukum di Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan S-3 Hukum di Universitas Hasanuddin Makassar. Pekerjaan saat ini sebagai Dosen Tetap Fakultas Hukum dan Komunikasi Unika Soegijapranata Semarang dan juga menjabat sebagai Kepala Pusat Studi Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Unika Soegijapranata Semarang.

Course Staff Image #2

Paulus Adrianus K.L. Ratumakin, S.Fil.,MA

Telah menyelesaikan Studi S1 Ilmu Teologi-Filsafat Agama Katolik di STFK Ledalero dan Studi S2 Ilmu Administrasi di Universitas Nusa Cendana. Saat ini, menjadi Dosen di Universitas Katolik Widya Mandira.

Frequently Asked Questions

What web browser should I use?

The Open edX platform works best with current versions of Chrome, Edge, Firefox, Internet Explorer, or Safari.

See our list of supported browsers for the most up-to-date information.

Question #2

Your answer would be displayed here.

Enroll